Langsung ke konten utama

PAJUS | Pasar USU Tempatnya Berbelanja Murah Meriah

 Pajus Dunia Kuliner dan Destinasi Belanja Terbaik

Sumber gambar: A Berutu


Jl Jamin Ginting No.340 A dan 354 A, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Pasar USU (Pajus) merupakan pasar yang terdapat di sisi kiri Universitas Sumatera Utara. 

Kata 'pajak' adalah istilah bagi warga Medan untuk menyebut 'pasar' dimana pasar umum kita ketahui sebagai tempat jual beli barang.
Pajus atau Pajak USU dibangun pada tahun 1998. Semula pajus hanya populer dikalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara namun kini terus berkembang hingga semakin terkenal dan menjadi destinasi belanja yang diminati oleh warga luar kampus.

Pajus ini memiliki dua simbol, yaitu simbol Pesawat untuk pasar USU dan simbol kapal untuk pajus kuliner. Menurut Edwin Renaldo selaku direktur pajus lambang pesawat dan kapal sebagai pembeda dan sebagai lambang yang akan mengingatkan pengunjung tentang pajus.

Selain sebagai dalang sumber pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, tempat bertemunya para pembeli dan pedagang ini dibagi menjadi beberapa kategori, yakni: Pasar Modern, Pajus Kuliner, Pajus Karona, Percetakan, perlengkapan ATK, aksesoris serta fashion.

Kelengkapan berbagai macam dagangan di pajus tak perlu diragukan lagi. Selain sebagai tempat berburu berbagai barang kebutuhan dengan terjangkau dan berkualitas, Pajus juga menyediakan layanan jasa. Lalu, apa saja kategori yang terdapat di pajus? baca hingga selesai ya.


1. Pasar Modern



    Pasar modern merupakan tempat bersantai kekinian. Didalam Pasar modern terdapat cafe yang nyaman, luas, serta bergaya kekinian sangat cocok untuk 'nongrong' setelah lama berbelanja atau bahkan sambil mengerjakan tugas-tugas. Selain menyediakan makanan berat, Pasar Modern  juga menjual berbagai makanan ringan dan minuman segar di setiap stan (gerobak makanan) di depan pintu masuk. Dengan pendingin yang kencang dan tempat duduk berlesehan pasar modern sangat pas sebagai tempat bersantai. Para pengunjung juga akan terhibur dengan live music bahkan para pengunjung juga bisa mengajukan diri untuk karaoke.

2. Pajus



   Pajus atau pasar USU banyak menyediakan aneka jajanan tepat dibawah simbol pesawat. Jajanan yang di senangi anak-anak kuliahan ini seperti Zasuke, bakso goreng/bakar, ttopokki, burger, jamur goreng, kepiting goreng, gorengan, serta aneka jus dan minuman boba.

Lebih masuk ke dalam, pengunjung akan banyak menemukan penjual aksesoris, produk kecantikan, perlengkapan ATK, parfum, sepatu, tas, servis elektronik, service dan penjual kacamata dan masih banyak lagi.

3. Pajus Karona






   Pajus Karona menjual berbagai macam pakaian baik pakain baru, baju-baju loak, bahkan pakaian dari luar negeri. Di tengah maraknya online shope saat ini pajus karona masihlah berjaya dimana banyak warga terutama anak-anak kuliahan berbelanja dan melihat langsung barang maupun pakaian yang mereka belu secara langsung. Kelebihan lainnya, pembeli dapat menawar harga kepada penjual hingga mendapatkan persetujuan akhir.

4. Pajus Kuliner






    Hampir sama dengan pasar modern, pajus kuliner menyediakan berbagai macam jenis makanan berat dan minuman yang enak dan segar. Kanan kiri akan dipenuhi stan (gerobak) penjual oleh sebab itu pembeli dapat dengan mudah memilih apa saja yang diinginkan, karena semua menu-menu milik berbagai penjual telah disatukan dalam satu buku menu. 

Tak perlu khawatir, harga makanan dan minuman di pajus kuliner ini terjangkau bahkan sangat ramah bagi kantong-kantong mahasiswa dan masyarakat umum. Tak hanya itu, pajus kuliner ini juga menyediakan panggung karaoke yang selalu menghibur para pengunjung serta menyajikan suara-suara emas para pembeli yang bernyanyi.

Berbeda dengan pasar modern, pajus kuliner memiliki dua tingkat tempat bersantai. Lantai satu di penuh dengan kursi-kursi dan meja-meja seragam bewarna coklat. Beberapa meja ada yang berbentuk kapal. Dilantai dua diseiakan tempat bersantai dengan duduk secara lesehan. Ornamen-ornamen dan desain pajus kuliner sangat menarik sehingga banyak yang menjadikan pajus sebagai tempat bersantai sambil berswafoto. 

Pajus kuliner selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya, tak perlu khawatir jika parkiran penuh. Pajus kuliner menyediakan tempat parkir diatas rooftopnya.


5. Penyedia Jasa

    Penyedia jasa terdapat di sepanjang bibir pajus. Jasa memperbaiki jam, jasa parkir, dan jasa menjahit sepatu/sandal serta jasa jahit baju setiap harinya selalu ada dan siap sedia memperbaiki sepatu, jam tangan dan menjaga kendaraan ketika sedang berbelanja. 

Pajus di kelilingi oleh tempat tinggal para mahasiswa/mahasiswi USU hingga tak heran membuat pajus menjadi pilihan terbaik untuk berbelanja, sekadar jajan, ataupun sebagai tempat bersantai mengerjakan tugas-tugas kuliah. Bagi umat muslim yang hendak menjalankan ibadah sholat juga tak perlu khawatir, paling belakang di dalam pajus disediakan mushalla dan kamar mandi umum.

Jadi, bagi kamu yang belum pernah ke pajus jangan ragu untuk datang dan berbelanja ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Pengolahan Gambir Dengan Metode Tradisional

 Proses Pembuatan Gambir Dengan Metode Tradisional di Desa Sibande Kec. STTU Jehe Kabupaten Pakpak Bharat .                  (sumber: dok pribadi) Oleh: Annisa Berutu Gambir  adalah salah satu komoditas Indonesia. Gambir merupakan sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak daun dan ranting tumbuhan bernama Uncaria Gambir Roxb.  Umumnya, gambir digunakan sebagai pelengkap menyirih. Salah satu fungsi gambir paling umum adalah menyembuhkan luka baru dan tidak akan meninggalkan bekas. Selain itu gambir juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti: mengobati sakit kepala terutama sakit kepala sebelah (migran), mengobati diare akut, mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah dan lain sebagainya. Umur panen tanaman gambir ialah 1,5 tahun, panen selanjutnya dilakukan 5 atau 6 bulan tergantung kondisi tanaman. Teknik pengolahan gambir meliputi: Pemetikan, perebusan, pengempaan, pengendapan, penirisan dan pencetakan serta pengeringan. Pengolahan tersebut dilakukan minim

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Ramai Pengunjung Saat Meugang

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Padat Pengunjung Saat Meugang Sejumlah pengunjung banyak menikmati pemandian alam Letter Z, desa SKPC, Kecamatan Penanggalan, Aceh (Jumat, 01 April 2022) Meugang merupakan awal penyambutan bulan suci ramadhan yang dikenal dengan menikmati hidangan daging sapi, kerbau, dan kambing. Hal ini dapat dilakukan bersama keluarga, sanak saudara, dan sahabat. Saat semua keluarga telah berkumpul, momen ini dimanfaatkan sekaligus untuk melakukan hal lain seperti pergi menikmati pemandian. Dan tempat pemandian alam Letter Z ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. .                 (foto: Annisa Berutu)                (foto: Annisa Berutu) Berlokasi di Kecamatan Penanggalan, Pemandian Alam Letter Z, berjarak sekitar 20 menit dari kota Subulussalam. Petunjuk menuju objek wisata sudah lengkap terpampang, agar tidak salah jalan. Tetapi seandainya masih ragu jangan sungkan bertanya kepada masyarakat sekitar. Akses me