Langsung ke konten utama

6 Masjid di kota Subulussalam yang Indah | Interiornya Khas Timur Tengah Banget!

Oleh: Khairunnisa Berutu

                                      

6 Masjid kota Subulussalam
Foto: Khairunnisa Berutu

 

Ternyata kota Subulussalam memiliki masjid begitu indah, diantaranya ada yang berinterior khas timur tengah loh. Sebelum masuk ke pembahasan teman-teman sudah kenal dengan kota Subulussalam belum? 

Kota Subulussalam adalah salah satu kota kecil yang berada di provinsi Aceh. Kota ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara dan berjarak sekitar 600 kilometer dari Banda Aceh. Dikenal dengan dunia 'Sada Kata' yang berati satu kata di sahkan pada 2 Januari 2007 yang sebelumnya merupakan bagian dari Aceh Singkil.

 Inilah 6 Masjid kota Subulussalam yang indah.


1. Masjid Agung

                                    

Masjid Agung kota Subulussalam
             Foto: Khairunnisa Berutu 

     Masjid Agung adalah masjid terbesar di kota Subulussalam. Masjid berlantai dua ini berada di Jl. Raja Asal. Ternyata masjid ini memiliki interior khas Timur Tengah. Di dominasi dengan warna bata masjid ini mampu menampung sekitar 3.500 jamaah.

     Masjid yang dibangun sejak tahun 2010 ini resmi di dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (5/3/2019). Masjid ini sering pula dijadikan tempat berdakwah besar-besaran, tempat melaksanakan akad nikah, tempat penyambutan tamu besar dan masih banyak lagi. Masjid yang sering di singgahi oleh orang-orang dari luar daerah ini telah menerima hewan qurban seberat 856 kilogram dari presiden republik Indonesia yaitu Joko Widodo untuk memperingati hari raya Idul Adha 1441 H, tepatnya 31 Juli 2020.


2. Masjid as-Silmi

                                     

Masjid as-Silmi kota Subulussalam
Foto: Khairunnisa Berutu

         Sebelum diresmikannya masjid Agung, masjid as-Silmi adalah masjid yang sebelumnya digunakan untuk menerima pertemuan-pertemuan seperti datangnya ulama berkunjung maka masjid as-Silmi tempat dilaksanakannya penyambutan tamu, menyelenggarakan ceramah besar-besaran, dan lain sebagainya. Masjid as-Silmi terletak di tepi jalan kota Subulussalam ini memiliki interior khas bangunan daerah kota Subulussalam yang indah.


3. Masjid Al-Munawwarah

                                     

Masjid Al-Munawwarah kota Subulussalam
                   Foto: Khairunnisa Berutu

        Masjid Al-Munawwarah berada di kota Subulussalam bagian selatan. Penuh bunga dan memiliki kolam tepat berada di halaman masjid menambah kesejukan dan keindahan. Masjid ini diapit oleh tugu Bank Aceh dan kantor KUA.

4. Masjid Taqwa

                                  

Masjid Taqwa kota Subulussalam
Foto: Khairunnisa Berutu

       Dikenal dengan masjid Muhammadiyah ini berada di Jln. Teuku Umar, kec. Simpang Kiri kota Subulussalam. Diapit pula oleh pom bensin Oyon sebelah kanan dan Bank Aceh sebelah kiri. Di belakang masjid ini terpampang jelas pajak Baru kota Subulussalam jika dilihat dari lantai dua. Para pedagang biasanya sholat di masjid ini karena jaraknya yang sangat dekat.

5. Masjid Baiturrahim

                                     

Masjid di Kota Subulussalam
Foto: Khairunnisa Berutu

        Masjid ini berada di dalam gang diapit oleh dua jalan raya yaitu Cut Nyak Dien dan Jalan Malikussaleh. Jika Azan berkumandang maka akan bergelegar keseluruh penjuru kota. Selain itu, diapit pula oleh sekolah MTSN dan perumahan warga. Jika Zhuhur tiba, siswa-siswi biasanya sholat di Masjid ini.

6. Masjid At-taubah

                                   

Masjid At-taubah kota Subulussalam
Foto: Khairunnisa Berutu

        Masjid ini berada di Kecamatan Penanggalan dekat dengan Sekolah Dasar Penanggalan dan pom bensin Kasman. 

       Itulah 6 Masjid indah di kota Subulussalam. Sebenarnya semua masjid itu indah karena kita mengukurnya dari hati kita untuk beribadah kepada Allah SWT. Masih banyak lagi masjid yang ada di kota Subulussalam yang menunggu kita untuk memasukinya menunaikan ibadah.

Rabu, 21 Oktober 2020

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Pengolahan Gambir Dengan Metode Tradisional

 Proses Pembuatan Gambir Dengan Metode Tradisional di Desa Sibande Kec. STTU Jehe Kabupaten Pakpak Bharat .                  (sumber: dok pribadi) Oleh: Annisa Berutu Gambir  adalah salah satu komoditas Indonesia. Gambir merupakan sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak daun dan ranting tumbuhan bernama Uncaria Gambir Roxb.  Umumnya, gambir digunakan sebagai pelengkap menyirih. Salah satu fungsi gambir paling umum adalah menyembuhkan luka baru dan tidak akan meninggalkan bekas. Selain itu gambir juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti: mengobati sakit kepala terutama sakit kepala sebelah (migran), mengobati diare akut, mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah dan lain sebagainya. Umur panen tanaman gambir ialah 1,5 tahun, panen selanjutnya dilakukan 5 atau 6 bulan tergantung kondisi tanaman. Teknik pengolahan gambir meliputi: Pemetikan, perebusan, pengempaan, pengendapan, penirisan dan pencetakan serta pengeringan. Pengolahan tersebut dilakukan minim

PAJUS | Pasar USU Tempatnya Berbelanja Murah Meriah

 Pajus Dunia Kuliner dan Destinasi Belanja Terbaik Sumber gambar: A Berutu Jl Jamin Ginting No.340 A dan 354 A, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Pasar USU (Pajus) merupakan pasar yang terdapat di sisi kiri Universitas Sumatera Utara.  Kata 'pajak' adalah istilah bagi warga Medan untuk menyebut 'pasar' dimana pasar umum kita ketahui sebagai tempat jual beli barang. Pajus atau Pajak USU dibangun pada tahun 1998. Semula pajus hanya populer dikalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara namun kini terus berkembang hingga semakin terkenal dan menjadi destinasi belanja yang diminati oleh warga luar kampus. Pajus ini memiliki dua simbol, yaitu simbol Pesawat untuk pasar USU dan simbol kapal untuk pajus kuliner. Menurut Edwin Renaldo selaku direktur pajus lambang pesawat dan kapal sebagai pembeda dan sebagai lambang yang akan mengingatkan pengunjung tentang pajus. Selain sebagai dalang sumber pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, tempat bertemunya para

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Ramai Pengunjung Saat Meugang

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Padat Pengunjung Saat Meugang Sejumlah pengunjung banyak menikmati pemandian alam Letter Z, desa SKPC, Kecamatan Penanggalan, Aceh (Jumat, 01 April 2022) Meugang merupakan awal penyambutan bulan suci ramadhan yang dikenal dengan menikmati hidangan daging sapi, kerbau, dan kambing. Hal ini dapat dilakukan bersama keluarga, sanak saudara, dan sahabat. Saat semua keluarga telah berkumpul, momen ini dimanfaatkan sekaligus untuk melakukan hal lain seperti pergi menikmati pemandian. Dan tempat pemandian alam Letter Z ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. .                 (foto: Annisa Berutu)                (foto: Annisa Berutu) Berlokasi di Kecamatan Penanggalan, Pemandian Alam Letter Z, berjarak sekitar 20 menit dari kota Subulussalam. Petunjuk menuju objek wisata sudah lengkap terpampang, agar tidak salah jalan. Tetapi seandainya masih ragu jangan sungkan bertanya kepada masyarakat sekitar. Akses me