Langsung ke konten utama

METODE PENYULUHAN PETERNAKAN YANG BAIK

Metode  Penyuluhan Peternakan yang Baik

Pengertian, Tujuan, Syarat-syarat metode Penyuluhan, Metode penyuluhan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

sumber gambar: Google

Penyuluhan adalah suatu kegiatan mendidik mengenai sesuatu kepada individu maupun kelompok. Penyuluhan adalah turunan dari kata exstension yang dipakai secara luas dan umum dalam bahasa Indonesia penyuluhan berasal dari kata dasar suluh yang berarti pemberi terang ditengah kegelapan. Dalam dunia peternakan akan diadakan penyuluhan mengenai hal-hal yang terkait dengan peternakan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai metode-metode penyuluhan agar berjalan dengan baik.

1. Pengertian Metode Penyuluhan Peternakan

Metode penyuluhan peternakan merupakan cara penyampaian materi penyuluhan peternakan kepada pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam melestarikan fungsi lingkungan hidup.

 2. Tujuan pemilihan metode penyuluhan

  • agar penyuluh peternakan dapat menetapkan suatu metode atau kombinasi beberapa metode yang tepat dan berhasil guna
  • agar kegiatan penyuluhan peternakan yang dilaksanakan untuk menimbulkan perubahan yang dikehendaki yaitu perubahan perilaku peternak dan anggota keluarganya dapat berdayaguna dan berhasilguna.

3. Syarat-syarat Metode Penyuluhan Yang Baik

  •  Sesuai dengan keadaan sasaran
  • Cukup dalam kualitas dan kuantitas
  • Tepat mengenai sasaran dan waktunya
  •  Materi mudah diterima dam dimengerti
  • Mudah pembiayaannya

4. Penggolongan Metode Penyuluhan Peternakan

1) Penggolongan dari Segi Komunikasi, Metode ini ada dua golongan yaitu:

 Metode langsung (direct Communication), penyuluh langsung berhadapan muka dengan sasaran Umpannya: obrolan ditempat peternakan,dibalai desa, dan lain-lain.

  Metode tidak langsung (indirect Communication), menyampaikan pesannya melalui perantara (media)

 2) Penggolongan berdasarkan indera penerima

  Metode memperhatikan, pesan yang diterima melalui indra penglihatan. Misalnya poster, pemutaran film dan pemutaran slide.

   Metode yang disampaikan melalui indra pendengaran. Misalnya siaran peternakan melalui radio dll.

  Metode yang disampaikan:diterima oleh sasaran melalui beberapa macam indra secara kombinasi.

3) Penggolongan Berdasarkan Pendekatan Kepada Sasaran

   Metode berdasarkan pendekatan perorangan . Contohnya: Kunjungan ke rumah peternak atau sebaliknyar, surat menyurat secara perorangan, belajar perorangan, belajar praktek dll

  Metode berdasarkan pendekatan kelompok. Menjangkau lebih banyak sasaran, Penyatuan pengalaman peternak dll, contohnya: Musyawarah/diskusi kelompok

   Metode berdasarkan pendekatan massal, contohnya: rapat, siaran pedesaan melalui Radio/TV


5. Keuntungan dan Kerungian Metode Penyuluhan Peternakan Perorangan, Kelompok dan Massal


Dalam penyuluhan ada keuntungan dan kekurangan di setiap metode yang di pilih baik itu metode perorangan, kelompok maupun massal. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk memilih metode yang sesuai dengan penyuluhan yang dilakukan. 


  1. Metode Perorangan, Keuntungan dalam metode perorangan ini ialah waktu dalam melakukan. Keuntungan dalam metode perorangan ini ialah waktu dalam melakukan penyuluhan lebih efisien sehingga memiliki waktu yang cukup dalam melakukan persiapan yang mantap. Adapun kerugiannya komunikasi dalam metode ini tersamar, sifatnya lebih formal, pengaruh yang didapatkan lebih sukar, dan relatif mudah diukur dalam mengorganisasikan.
  2. Penyuluhan Kelompok, dalam metode perkelompok keuntungan melakukan penyuluhan waktunya akan lebih efisien, para peternak akan lebih mudah berdiskusi dan berkumpul serta komunikatornya tidak tersamar. Sedangkan Kerugian dalam metode ini yaitu terdapat pada masalah  pengorganisasian karena pendekatan dalam aktifitas pembentukan bersama, kesulitan dalam aktivitas diskusi, serta memerlukan calon pimpinan yang cakap dan dinamis.
  3. Penyuluhan MassalKeuntungannya metode ini tidak terlalu resmi, penyuluhan peternakan massal ini akan mudah mendapat kepercayaan karena langsung dapat dirasakan. Kerugiannya memakan waktu yang lebih banyak karena melibatkan banyak orang, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar, serta pengaruhnya bersifat kurang efisien.

6. Metode Penyuluhan Peternakan Lainnya

Selain metode-metode penyuluhan yang telah dibahas sebelumnya ada pula metode-metode lain dalam penyuluhan peternakan/pertanian, yaitu:

1. Metode Partisipatif, yaitu masyarakat berpartisipasi secara interaktif, analisis-analisis dibuat secara bersama yang akhirnya membawa kepada suatu rencana tindakan. Kelebihan dalam metode ini ialah akan melibatkan partisipasi penuh dari masyarakat, pendekatan penyuluhan dari bawah ke atas (bottom up) untuk memberikan kekuasaan kepada peternak agar dapat mandiri, mendorong inisiatif positif para penyuluh maupun peternak, sera memberikan motivasi bagi para penyuluh secara langsung mengenai dunia peternakan.

2. Metode Penyuluhan Berbasis ICT, Cyber extension merupakan sistem informasi penyuluhan peternakan melalui media internet (berbasis Tik) yang dibangun untuk mendukung penyediaan materi dan informasi peternakan bagipenyuluh dalam memfasilitasi proses pembelajaran agribisnis pelaku utama dan pelaku usaha.

  Kelebihan metode ini ialah pengembangan kelembagaan penyuluh, penguatan ketenagaan penyuluhan, perbaikan kelembagaan penyuluhan, penguatan dukungan teknologi pada usha ternak/agribisnis di tingkat peternak, dan perbaikan pelayanan teknologi dan informasi peternakan. Adapun kelemahannya terletak pada para peternak yang belum tentu semua peternak mau dan mampu menerima adanya teknologi serta informasi yang diterima tidak seluruhnya dapat dimengerti.

7. Proses pengambilan keputusan yang berlangsung secara bertahap melalui serangkaian pengalaman mental fisikologis sebagai berikut:

1) Tahap sadar yaitu sasaran mulai sadar tentang adanya inovasi yang ditawarkan oleh penyuluh

2) Tahap minta yaitu tumbuhnya minat yang seringkali ditandai oleh keinginan untuk bertanya atau untuk mengetahui lebih banyak tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan inovasi yang ditawarkan oleh penyuluh.

3) Tahap menilai yaitu penilaian terhadap baik/buruk atau manfaat inovasi yang telah diketahui informasinya secara lebih lengkap.

4) Tahap mencoba yaitu tahap dimana sasaran mulai mencoba dalam skala kecil untuk lebih meyakinkan penilaiannya, sebelum menerapkan untuk skala yang lebih luas.

5) Tahap menerapkan yaitu sasaran dengan penuh keyakinan berdasarkan penilaian dan uji coba yang telah dilakukan/diamati sendiri.

Kesimpulan

Metode penyuluhan peternakan merupakan cara penyampaian materi penyuluhan peternakan kepada pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi. Tujuannya agar penyuluh peternakan dapat menetapkan suatu metode atau kombinasi beberapa metode secara tepat. Penggolongan metode penyuluhan ada tiga yaitu Metode Perorangan, Kelompok, dan secara Massal.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Pengolahan Gambir Dengan Metode Tradisional

 Proses Pembuatan Gambir Dengan Metode Tradisional di Desa Sibande Kec. STTU Jehe Kabupaten Pakpak Bharat .                  (sumber: dok pribadi) Oleh: Annisa Berutu Gambir  adalah salah satu komoditas Indonesia. Gambir merupakan sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak daun dan ranting tumbuhan bernama Uncaria Gambir Roxb.  Umumnya, gambir digunakan sebagai pelengkap menyirih. Salah satu fungsi gambir paling umum adalah menyembuhkan luka baru dan tidak akan meninggalkan bekas. Selain itu gambir juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti: mengobati sakit kepala terutama sakit kepala sebelah (migran), mengobati diare akut, mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah dan lain sebagainya. Umur panen tanaman gambir ialah 1,5 tahun, panen selanjutnya dilakukan 5 atau 6 bulan tergantung kondisi tanaman. Teknik pengolahan gambir meliputi: Pemetikan, perebusan, pengempaan, pengendapan, penirisan dan pencetakan serta pengeringan. Pengolahan tersebut dilakukan minim

PAJUS | Pasar USU Tempatnya Berbelanja Murah Meriah

 Pajus Dunia Kuliner dan Destinasi Belanja Terbaik Sumber gambar: A Berutu Jl Jamin Ginting No.340 A dan 354 A, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Pasar USU (Pajus) merupakan pasar yang terdapat di sisi kiri Universitas Sumatera Utara.  Kata 'pajak' adalah istilah bagi warga Medan untuk menyebut 'pasar' dimana pasar umum kita ketahui sebagai tempat jual beli barang. Pajus atau Pajak USU dibangun pada tahun 1998. Semula pajus hanya populer dikalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara namun kini terus berkembang hingga semakin terkenal dan menjadi destinasi belanja yang diminati oleh warga luar kampus. Pajus ini memiliki dua simbol, yaitu simbol Pesawat untuk pasar USU dan simbol kapal untuk pajus kuliner. Menurut Edwin Renaldo selaku direktur pajus lambang pesawat dan kapal sebagai pembeda dan sebagai lambang yang akan mengingatkan pengunjung tentang pajus. Selain sebagai dalang sumber pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, tempat bertemunya para

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Ramai Pengunjung Saat Meugang

Objek Wisata Pemandian Alam Letter Z, SKPC Padat Pengunjung Saat Meugang Sejumlah pengunjung banyak menikmati pemandian alam Letter Z, desa SKPC, Kecamatan Penanggalan, Aceh (Jumat, 01 April 2022) Meugang merupakan awal penyambutan bulan suci ramadhan yang dikenal dengan menikmati hidangan daging sapi, kerbau, dan kambing. Hal ini dapat dilakukan bersama keluarga, sanak saudara, dan sahabat. Saat semua keluarga telah berkumpul, momen ini dimanfaatkan sekaligus untuk melakukan hal lain seperti pergi menikmati pemandian. Dan tempat pemandian alam Letter Z ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. .                 (foto: Annisa Berutu)                (foto: Annisa Berutu) Berlokasi di Kecamatan Penanggalan, Pemandian Alam Letter Z, berjarak sekitar 20 menit dari kota Subulussalam. Petunjuk menuju objek wisata sudah lengkap terpampang, agar tidak salah jalan. Tetapi seandainya masih ragu jangan sungkan bertanya kepada masyarakat sekitar. Akses me